Wali kota Medan Apresiasi Launching Inovasi Terbaru Sekretariat DPRD Kota Medan

Medan - Sekretariat DPRD Kota Medan melaksanakan Launching inovasi terbaru yang dinamakan SMART-WAN (Sistem Informasi Manajeman Perkantoran Terpadu dan Media Dewan) di gedung DPRD Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, No I Medan, Rabu (30 Juni 2021). Dimana, SMART-WAN ini integrasi  dari inovasi berbasis IT  dan non-IT, diantaranya VTT (Voice to Text) yaitu modernisasi notulen rapat yang mampu menerjemahkan audio menjadi teks secara otomatis, realtime, dan menyeluruh, serta Aspirasiku yaitu fitur berbasis web yang menampung layanan pengaduan masyarakat Kota Medan kepada wakil rakyat, dapat diakses darimana saja tanpa harus berkunjung ke Kantor DPRD Kota Medan.

Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, S.E. mengatakan bahwa Launching ini menjadi awal pelaksanaan Inovasi sekaligus sebagai tindak lanjut dari kegiatan akselerasi  pelayanan yang diinisiasi  oleh Sekretariat DPRD Kota Medan.

“Sebenarnya, Inisiatif Inovasi muncul didasarkan atas masukan dari Stakeholder Sekretariat DPRD Kota Medan yaitu  Anggota DPRD Kota Medan,” kata Hasyim.

“Dan diharapkan semoga Inovasi ini terus berkembang untuk percepatan pelayanan Sekretariat DPRD Kota Medan,” sambung Ketua DPRD Kota Medan.

Sementara, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mengatakan, di Hari Ulang Tahun Kota Medan ke-431 ini, Launching Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan menjadi awal pelaksanaan Inovasi. Dimana nantinya masukan dan keluhan dari Stakeholder  yaitu Anggota Dewan Kota Medan yang diperoleh melalui survei kepuasan pelayanan Sekretariat ditindaklanjuti dan dirumuskan dalam sebuah program Inovasi, sehingga semua kegiatan yang dilakukan dapat tepat sasaran dan tepat target karena dapat langsung diketahui pengguna layanan.

“Apresiasi saya berikan kepada Sekretariat DPRD Kota Medan yang pada hari ini telah me launching inovasi sebanyak 24 ide dan gagasan inovasi, terlebih lagi inovasi yang di launching seluruhnya bukan hanya terkait tehnologi informasi tetapi terdapat juga inovasi tata kelola dan perubahan maindset pegawai yang lebih khusus. Inovasi yang dijalankan juga diseluruh lini, mulai dari tingkat PNS hingga tingkat kebersihan yang artinya inovasi ini masuk dalam ranah sumber daya manusia,” kata Bobby Nasution.

“Diharapkan inovasi ini dapat terus dikembangkan dan jangan sampai berhenti ditengah jalan,” tandas Wali Kota Medan.

Launching Inovasi terbaru Sekretariat DPRD Kota Medan yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Medan Ke-431 ini, selain dihadiri secara langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Pimpinan DPRD Kota Medan dan Anggota Dewan, unsur Forkopimda, juga dihadiri oleh Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen  ASN Lembaga Administrasi Negara RI Dr. Agus Sudrajat, M.A., dan Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa secara virtual.

Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan terbagi di empat unit kerja, yaitu :

I. Inovasi Bagian Umum :


- Book Date

- Nadin Online ( Naskah Dinas Online)
- Scan Me
- SIMASDU
- Rindu (Ruang Inovatif Terpadu)
- Kantorku Bersih dan Hijau

II. Inovasi Bagian Program dan Keuangan :

- Smart Talk

- Click Salary
- E - Jadin
- E - SAKIP
- E - Survei 
- E - Tindak Lanjut
- Website

III. Inovasi Bagian Persidangan dan Perundang-undangan :

- JDIH Dalam Genggaman

- TV Wakil Rakyat
- VTT (Voice To Text)
- Anjungan Online (Layanan Kunjungan Online)
- DPRD Insight
- DPRD Menyapa
- Pedoman Keprotokolan
- Program Magang

IV. Inovasi Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan :

- E - Reses

- Aspirasiku
- Database Stakeholder


(SMART-WAN)