Coaching Clinic Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

MEDAN - Dalam rangka Penguatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan, yang saat ini sedang memasuki tahapan reviu Tahun 2021 dari setiap unit kerja yang akan dilanjutkan dengan penyusunan rencana aksi perbaikan Tahun 2022, Sekretariat DPRD Kota Medan melaksanakan Coaching Clinic Penguatan Maturitas SPIP, Senin (11/04/2022).

Coaching clinic ini diikuti para Kepala Bagian dan Pejabat Fungsional/Subkoordinator di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan, serta hadir sebagai narasumber, Dr. Fahrurrazi, M.Si.

Dalam wawancaranya, Fahrurrazi mengatakan bahwa Sekretariat DPRD Kota Medan menyelenggarakan Coaching Clinic terkait pembahasan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), khususnya terkait dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan diterapkannya Peraturan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi Pada Kementerian Lembaga/Pemerintah Daerah.

"Coaching Clinic ini merupakan ikhtiar yang sangat baik, mengingat amanat di dalam peraturan yang mengatur bahwa SPIP merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan", kata Fahrurrazi.

Fahrurrazi berharap dengan adanya coaching clinic ini pimpinan dan seluruh jajaran di Sekretariat DPRD Kota Medan dapat lebih optimal memahami proses kerja yang harus diterapkan dalam implementasi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP ini.

"Saya berharap pimpinan dan seluruh jajaran dapat optimal memahami proses kerja dalam implementasi penyelenggaraan SPIP ini, yang tentunya sesuai dengan cakupan dan batasan di lingkungan Sekretariat DPRD dalam mendukung pembangunan", tandas Fahrurrazi.

Coaching clinic ini berlangsung selama dua hari, dan dilaksanakan di Ruang Rapat Bagian Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Kota Medan. 

(SMART-WAN)