Pembukaan Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2022

MEDAN - Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, S.E., dengan mengenakan pakaian adat Melayu menghadiri acara Pembukaan Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2022, Senin malam (31/10/2022).

Acara yang digelar Pemerintah Kota Medan ini merupakan event yang terpilih di seluruh Indonesia yang akan menjadi pembangkit ekonomi dan membuka peluang usaha serta lapangan kerja seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., dalam sambutannya.

Selain itu, acara Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2022 ini melambangkan bahwa Kota Medan merupakan kota multietnis. Ada 13 etnis yang telah ditetapkan di Kota Medan. Oleh sebab itu, ASN di lingkungan Pemerintah Kota Medan diwajibkan memakai pakaian adat setiap hari Jumat sesuai dengan pakaian 13 etnis tersebut.

Kota Medan merupakan kota multietnis yang pada mulanya dihuni oleh masyarakat suku Melayu. Namun seiring berjalannya waktu, Kota Medan menjelma menjadi kota multietnis yang menjadikan Kota Medan dapat tumbuh dan berkembang dengan keberagaman suku, etnis dan budaya dengan keharmonisan dan toleransi yang tinggi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Medan mengatakan bahwa kemultietnisan Kota Medan tidak terlepas dari keterbukaan masyarakat Melayu yang menerima seluruh etnis yang ada di Kota Medan.

Dalam pembukaan yang berlangsung meriah ini, Wali Kota Medan juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) setelah Tari Zapin dibawakan oleh lima negara serumpun yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Acara yang digelar di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan ini juga dihadiri Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E., Sultan Deli XIV, Sri Paduka Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah, Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, M.M., para Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kota Medan, para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Selain itu, hadir juga Ketua IMT GT, Mr Pol Lt Gen Sakorn Thungmunee selaku Wali Kota Hat Yai Thailand, serta sejumlah kota dan kabupaten dari 10 provinsi di Indonesia seperti Sabang, Banda Aceh, Tapanuli Tengah, Jambi, Dumai, Pekanbaru dan Padang yang ikut serta memeriahkan Gemes 2022.

(SMART-WAN)