Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

MEDAN - Sekretaris DPRD Kota Medan, Muhammad Ali Sipahutar, S.S.T.P., M.A.P., mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 di Halaman Kantor Wali Kota Medan, Jumat (28/10/2022).

Upacara yang dipimpin Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E., Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, M.M., para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan, Camat se-Kota Medan, Pejabat Eselon III dan IV, serta ASN di lingkungan Pemerintah Kota Medan.

Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 ini mengingatkan kita bahwa sembilan puluh empat tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang, Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah Bangsa Indonesia.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan oleh Wali Kota Medan mengatakan bahwa Sumpah Pemuda memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Upacara ini diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, serta pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1982 dan ditutup dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Dr. H. Impun Siregar, M.A.

(SMART-WAN)