Ketua DPRD Kota Medan : Aspirasi Masyarakat Harus Menjadi Perhatian Pemko Medan dalam Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2023

MEDAN - Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, S.E., menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2023, Rabu (23/03/2022).

Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., yang diawali dengan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2023.

Turut hadir dalam Musrenbang ini Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ikhwan Ritonga, S.E., M.M., dan H. T. Bahrumsyah, S.H. M.H., Sekretaris DPRD Kota Medan, Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Daerah Kota Medan, unsur Forkopimda Kota Medan, Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Camat se-Kota Medan, serta para pejabat tinggi lainnya.

Musrenbang yang mengusung tema "Meningkatkan Pelayanan Dasar dan Pembangunan Infrastruktur untuk Menuju Medan Berkah yang Maju dan Kondusif" ini berlangsung selama 3 (hari) di Hotel Santika Dyandra Medan.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang merupakan bagian penting dari perencanaan untuk memperoleh sarana dan masukan serta klarifikasi terhadap program dan kegiatan yang direncanakan.

"Musrenbang pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting karena merupakan penjabaran dari tahun ketiga RPJMD Kota Medan Periode 2021-2026 dan tahun kedua periode kepemimpinan kami", kata Bobby.

"Dari forum ini kita harapkan lahir gagasan konstruktif guna memberi saran dan masukan yang sangat bermakna guna penyempurnaan RKPD Kota Medan Tahun 2023", harap Bobby.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan mengatakan bahwa Musrenbang ini bukan hanya rutinitas tahunan belaka, akan tetapi berfokus merumuskan berbagai program pembangunan dan pembenahan Kota Medan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang sebelumnya telah dilakukan secara bottom up.

"Melalui musrenbang di tingkat kelurahan dan kecamatan, maupun melalui forum perangkat daerah untuk menampung dan menjaring aspirasi masyarakat, termasuk kegiatan reses DPRD yang telah dilaksankan", kata Hasyim.

"Saya berharap hasil reses Anggota DPRD Kota Medan sebagai bagian dari menjaring aspirasi masyarakat yang telah diparipurnakan dan dituangkan melalui pokok pikiran DPRD menjadi perhatian Pemerintah Kota Medan.
Selanjutnya melalui forum ini saya berharap sinergi antara DPRD dan Pemko Medan dalam perencanaan pembangunan dapat berjalan semakin baik dan saling melengkapi untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan RKPD Kota Medan", tambah Hasyim. 

(SMART-WAN)