Rapat Badan Anggaran DPRD Kota Medan terkait Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022

MEDAN - Badan Anggaran DPRD Kota Medan menggelar rapat pembahasan dan finalisasi terkait Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) P-APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2022, Senin (15/08/2022).

Rapat lanjutan ini dipimpin oleh Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Medan, Hasyim, S.E., didampingi Wakil Ketua, Ihwan Ritonga, S.E., M.M., H. Rajudin Sagala, S.Pd.I., dan H. T. Bahrumsyah, S.H., M.H., serta Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Medan lainnya.

Rapat ini merupakan finalisasi pembahasan KUA-PPAS P-APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2022 dimana terdapat penambahan pagu anggaran untuk program-program prioritas Kota Medan.

Sementara itu, H. T. Bahrumsyah, S.H., M.H., selaku Wakil Ketua DPRD Kota Medan sekaligus Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Medan mengatakan bahwa perlu diketahui kebijakan KUA PPAS ialah untuk menyesuaikan pagu anggaran yang diasumsikan ternyata masih ada perubahan dan kekurangan.

"Setelah melalui beberapa waktu untuk pembahasan, hari ini kita telah melakukan finalisasi dan menyepakati beberapa rekomendasi kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Medan. Ada beberapa penambahan pagu anggaran diberbagai OPD untuk penyesuaian dan tentunya untuk penambahan-penambahan anggaran untuk skala prioritas", kata Bahrumsyah.

Skala prioritas Pemeritah Kota Medan diantaranya untuk permasalahan jalan berlubang, penanganan banjir dengan pembangunan drainase secara kawasan yang selama ini dilakukan secara parsial tidak menyelesaikan masalah, mempercepat beroperasinya Rumah Sakit Medan Labuhan, serta BPJS Kesehatan yang menjadi perhatian dan skala prioritas Pemerintah Kota Medan.

Bahrumsyah berharap anggaran APBD Tahun 2022 dapat diserap dengan baik dan dirasakan manfaatnya untuk warga Kota Medan sehingga meminimalisir SiLPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) pada tahun 2022.

"Kami berharap apa yang telah dianggarkan pada P-APBD ini mampu diserap oleh OPD yang kemudian hasil daripada APBD 2022 ini dapat dirasakan oleh masyarakat, dan kita berharap tidak lagi menimbulkan SiLPA yang begitu besar di tahun 2022 ini, tentunya dengan semangat Kolaborasi Medan Berkah", tutupnya.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Badan Anggaran DPRD Kota Medan ini dihadiri oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Medan serta OPD terkait.

(SMART-WAN)