Sekretariat DPRD Kota Medan mengikuti Pelaksanaan Tahap Delivery Inovasi Akselerasi Pelayanan Melalui Inovasi Sekretariat DPRD Kota Medan Tahun 2022

MEDAN – Dalam rangka Akselerasi Pelayanan Melalui Inovasi, Sekretariat DPRD Kota Medan mengikuti tahap Delivery Inovasi setelah sebelumnya melaksanakan Design Inovasi bertempat di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) Jakarta, Kamis (01/09/2022).

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris DPRD Kota Medan, Muhammad Ali Sipahutar, S.S.T.P., M.A.P., beserta jajaran di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan, serta Kepala Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi (Pimbangkom) ASN LAN RI dan Tim Coach dari Pimbangkom LAN RI sebagai narasumber.

Tahap Delivery Inovasi bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dan menemukan solusi perbaikan dalam pelaksanaan inovasi atau membuat alternatif inovasi lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Pimbangkom ASN LAN RI, Drs. Seno Hartono, DESS., mengatakan kegiatan Akselerasi Pelayanan melalui Inovasi di Sekretariat DPRD Kota Medan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kegiatan tahun ini bertujuan untuk mengevaluasi ide-ide inovasi yang sudah ada dan sudah diimplementasikan selama kurun waktu tiga tahun terakhir. Kegiatan evaluasi ini menjadi sangat penting dan krusial, karena jangan sampai banyak ide kreatif, banyak inovasi yang bagus namun tidak dapat menjadi solusi, dan tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Semoga inovasi yang telah kita evaluasi dan perbaiki bersama mampu meningkatkan kinerja Sekretariat DPRD sekaligus memberi pelayanan prima kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Medan pada khususnya dan masyarakat Kota Medan pada umumnya sebagai stakeholder Sekretariat DPRD Kota Medan”, kata Seno Hartono.

Sementara itu, Muhammad Ali Sipahutar, S.S.T.P., M.A.P., selaku Sekretaris DPRD Kota Medan, mengatakan Sekretariat DPRD Kota Medan saat ini semakin berbenah, melalui langkah-langkah strategis dan upaya maksimal, komitmen yang tinggi, semangat paripurna disertai peningkatan kompetensi secara terus menerus melalui pelatihan, coaching dan mentoring, benchmarking, termasuk perbaikan karakter para ASN Setwan Kota Medan melalui character building.

“Satu langkah konkrit yang telah dilakukan adalah saat ini Setwan sedang mengikuti lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara dan sedang mempersiapkan diri masuk dalam ajang IGA (Innovative Government Award) Kemendagri. Untuk itu kami sangat berharap bimbingan dari LAN RI agar nantinya bermanfaat untuk peningkatan pelayanan Sekretariat DPRD terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Medan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi Setwan yang lebih baik yang pada akhirnya diarahkan untuk mewujudkan organisasi berkinerja tinggi”, tandas Ali Sipahutar.

(SMART-WAN)