Sekretariat DPRD Kota Medan melaksanakan Coaching Clinic Aplikasi SARANA (Sistem Administrasi Persuratan, Arsip, dan Agenda) dan Penerapan Sertifikat Elektronik (e-signature)

MEDAN - Dalam rangka penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Sekretariat DPRD Kota Medan melaksanakan Coaching Clinic Aplikasi SARANA (Sistem Administrasi Persuratan, Arsip, dan Agenda) dan Penerapan Sertifikat Elektronik (e-signature) di Ruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Medan, Senin (14/03/2022).

Coaching Clinic SPBE ini dibuka oleh Sekretaris DPRD Kota Medan, Muhammad Ali Sipahutar, S.S.T.P., M.A.P., dan dihadiri oleh para Kepala Bagian, Pejabat Fungsional/Subkoordinator, ASN, dan Pegawai Harian Lepas (PHL) di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Medan, serta narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan.

Bachtiar Rivai Nasution, S.S.T.P., M.A.P., selaku narasumber dari Dinas Kominfo Kota Medan mengatakan bahwa Coaching Clinic Aplikasi SARANA ini bertujuan untuk sharing knowledge mengenai Aplikasi SARANA yang akan diterapkan ke seluruh OPD.

"Coaching Clinic ini bertujuan untuk sharing knowledge mengenai Aplikasi SARANA yang akan kami terapkan ke seluruh OPD. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah seluruh pimpinan OPD, yang mana apabila ingin menandatangani sebuah dokumen tidak lagi menumpuk di kantornya, tetapi kapanpun dan dimanapun pimpinan bisa menandatangani secara elektronik", kata Bachtiar.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Medan, Muhammad Ali Sipahutar, S.S.T.P., M.A.P., mengatakan bahwa Coaching Clinic SPBE ini bertujuan untuk sosialisasi sekaligus pengenalan Aplikasi SARANA yang bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kota Medan.

"Coaching Clinic SPBE bertujuan untuk sosialisasi sekaligus pengenalan Aplikasi SARANA. Ini salah satu komitmen dari Sekretariat DPRD Kota Medan untuk mempercepat penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
Saya berharap setelah adanya Coaching Clinic ini, para ASN dan tenaga pendukung di Sekretariat DPRD lebih memahami dan lebih terbantu untuk penerapan SPBE tadi", tandas Ali Sipahutar.

(SMART-WAN)