Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-433 Kota Medan Tahun 2023

MEDAN – DPRD Kota Medan memfokuskan perhatian pada perubahan fundamental dalam penyelenggaraan tugas dan penguatan fungsi strategis DPRD sebagai wakil rakyat. Hal ini terungkap dalam sambutan Ketua DPRD Kota Medan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-433 Kota Medan Tahun 2023, Senin (03/07/2023).

Rapat Paripurna yang berlangsung dengan tertib dan hikmat ini dibuka oleh Hasyim, S.E., selaku Ketua DPRD Kota Medan yang didampingi Wakil Ketua, H. Ihwan Ritonga, S.E., M.M., H. Rajudin Sagala, S.Pd.I., dan H. T. Bahrumsyah, S.H., M.H., dihadiri para Anggota DPRD Kota Medan.

Dengan mengusung tema “Bergerak Berkolaborasi”, Peringatan Hari Jadi ke-433 Kota Medan tahun ini merupakan bentuk sinergitas kinerja antara Pemerintah Kota Medan dengan DPRD Kota Medan dalam pembangunan disegala bidang tanpa terkecuali demi mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Medan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Ir. Arief Sudarto Tri Nugroho, M.T., mewakili Gubernur Sumatera Utara, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Drs. Baskami Ginting, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E., unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Medan dan Konsulat Jenderal negara-negara sahabat.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD mengatakan bahwa DPRD Kota Medan berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelayanan publik yang semakin berkualitas dan bekelanjutan, mengembangkan inovasi daerah, memperkuat kolaborasi dengan daerah lain, mengembangkan diorama digital interaktif sebagai media edukasi, meningkatkan tata kelola kearsipan, memberikan contoh kepemimpinan yang baik dan memanfaatkan teknologi digital untuk mendengarkan aspirasi publik.

“Semoga Peringatan Hari Jadi ke-433 Kota Medan ini menjadi momentum yang memberi inspirasi bagi kita semua. Mari bersinergi dalam mewujudkan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif”, kata Hasyim.

Sementara itu, dalam pidatonya Bobby Nasution mengatakan bahwa Rapat Paripurna ini menjadi puncak apresiasi daerah atas sejarah panjang perjuangan berdirinya Kota Medan yang kita laksanakan setiap tanggal 1 Juli sebagaimana dikenal dengan Hari Jadi Kota Medan.

“Sesuai dengan Tema Hari Jadi ke-433 Kota Medan “Bergerak Berkolaborasi” dengan arti bahwa perubahan yang telah kita upayakan Bersama harus terus digerakkan secara serentak dengan mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat dan stakeholder terkait”, kata Bobby Nasution.

Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-433 Kota Medan Tahun 2023 ini dirangkaikan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Sekretariat DPRD Kota Tanjungpinang dengan DPRD Kota Medan tentang Pemanfaatan dan Reduplikasi Aplikasi SMARTWAN (Sistem Informasi Manajemen Perkantoran Terpadu dan Media Dewan) Sekretariat DPRD Kota Medan sekaligus rilis pembangunan Diorama Digital Interaktif Sejarah Perjalanan DPRD Kota Medan serta peluncuran Layar Interaktif Aspirasi oleh Wali Kota Medan.

Selain itu, Rapat Paripurna ini juga dihadiri Mantan Wali Kota Medan periode sebelumnya, Mantan Ketua DPRD Kota Medan periode sebelumnya, tokoh agama dan tokoh masyarakat, para pimpinan partai dan organisasi masyarakat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan, Ketua PKK Kota Medan, serta para pejabat tinggi lainnya.

(SMART-WAN)