Rapat Paripurna DPRD Kota Medan Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

MEDAN - DPRD Kota Medan menggelar Rapat Paripurna pada Rabu 16 Agustus 2024 dengan agenda: 

1. Mengukuti siaran langsung Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024.
2. Mengikuti siaran langsung Sidang Paripurna DPR RI ke-1, Pidato Ketua DPR RI dalam rangka Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 dan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Penyampaian Rancangan Undang-Undang tentang APBN Tahun Anggaran 2025 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Rapat Paripurna yang terlebih dahulu dibuka Ketua DPRD Medan, Hasyim S.E., didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H. Ihwan Ritonga, S.E., M.M., dan H. T. Bahrumsyah, S.H., M.H., serta dihadiri Anggota-Anggota DPRD Kota Medan, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti jalannya sidang tahunan melalui layar videotron yang diawali dengan sambutan Ketua MPR RI, Dr. H. Bambang Soesatyo, B.A., S.E., S.H., M.B.A.

Dengan tema HUT ke-79 Kemerdekaan RI "Nusantara Baru Indonesia Maju" tahun ini, bermakna menyongsong ibu kota baru, perpindahan tongkat estafet kepemimpinan presiden, dan Indonesia Emas 2045 merupakn visi besar yang dicanangkan Indonesia. Dengan tema tersebut, diharapkan perayaan 17 Agustus 2024 bisa menjadi momen penuh makna bagi seluruh rakyat Indonesia.

Siaran langsung pada Rapat Paripurna yang dilakukan melalui video conference ini turut dihadiri Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., Penjabat Sekretaris Daerah Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, S.S.T.P., M.S.P., Unsur Forkopimda Kota Medan, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, H. Ir. Joko Widodo ini disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR RI yang berlangsung di Gedung MPR/DPR RI Jakarta, merupakan pesan penting yang mengajak untuk berpikir kritis, membangun semangat gotong royong, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Hal ini merefleksikan perjalanan bangsa dari perjuangan menuju kebebasan dan merdeka, hingga upaya untuk mencapai kemajuan yang lebih baik.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga mengingatkan bahwa Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih lebih cepat, dan terus bertumbuh di segala sektor, melakukan pembangunan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat, pembangunan yang memberikan dampak bagi masyarakat luas, dan pembangunan yang membuka peluang untuk tumbuh bersama-sama.

"Ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Ini adalah fondasi besar kita bersama. Ini adalah bukti bahwa persatuan kita, bahwa kerukunan kita, bahwa kerja keras kegotongroyongan kita dapat membawa Indonesia melompat lebih tinggi lagi", kata Joko Widodo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, S.E., menyampaikan bahwa DPRD Kota Medan sebagai perwakilan rakyat di Kota Medan berkomitmen untuk mendukung program-program pembangunan yang bertujuan untuk kemajuan masyarakat dan kesejahteraan bersama.

"Kami juga mengajak masyarakat dan seluruh pihak terkait untuk bersama-sama merayakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan secara sinergis dan kolaboratif", tandas Hasyim.

Rapat berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Medan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

(SMARTWAN)